Subhanallah! Rupanya Masih Banyak yang Salah Mandi Wajib, Ini Cara yang Benar

Di Lifestyle Loading...
ilustrasi mandi wajib

Mandi wajib adalah kata yang mudah disebut, tetapi jangan terkejut jika dikatakan banyak umat Islam yang tidak sah mandi wajibnya karena tidak melakukannya dengan benar.

Untuk melakukan mandi wajib yang tepat, seseorang itu tidak dapat melakukannya dengan hanya mandi secara berdiri atau duduk berjongkok saja.

Sebaliknya, ia harus dilakukan dalam kedua-dua situasi untuk memungkinkan seseorang itu meratakan air ke seluruh anggota badannya.

Dilansir Islam.gov.my, Asisten Direktur Bagian Dakwah, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), Uztaz Haji Mat Jais Kamos, menegaskan bagaimanapun berdasarkan pengalamannya sebagai mantan kadi di Kantor Agama Islam Gombak Timur dan pembicara, ternyata masih banyak umat Islam yang tidak mengetahui hal ini.

“Akibatnya, mandi majibnya menjadi tidak sah karena tidak memenuhi salah satu rukun mandi wajib yaitu meratakan air keseluruh anggota badan yang zahir.”

Advertisement

“Ketika mandi wajib tidak sah, ibadah yang dilakukan oleh seseorang itu juga turut tidak sah. Itulah akibatnya jika tidak melakukan mandi wajib dengan betul,” tegasnya.

Mandi wajib yang juga sebagai mandi junub atau janabah tidak bisa diremehkan oleh umat Islam.

Setiap orang yang melakukannya harus mengetahui dan memenuhi rukun-rukunnyanya.

Jika tidak mandi wajib seseorang itu tidak akan sah.

Rukun mandi wajib ada 3 hal. Pertama, niat. Kedua, menghilangkan kotoran di tubuh. Ketiga, meratakan air keseluruh anggota badan yang zahir.

*Baca Lebih Lengkap Di Halaman Selanjutnya:

Halaman selanjutnya

Tags: #Mandi


Top
Secured By miniOrange